JAKARTA; THE HOME FOR A SHOW OFF RICH PEOPLE

Posted: March 16, 2013 in Story Of Life
Tags:

Jakarta is the best home for a show off rich people who have lacked of social cares! Yep, i am writing this now.

Let me give one small true fact. Ketika pertama kali mengunjungi Negeri Kangguru,bukanlah megah bangunan serta indah infrastruktur kota sana yang membuat saya ter-wow-kan. Karena bagi saya sudah menjadi pemandangan lumrah dan lazim untuk sebuah kota sekelas Melbourne dan Sydney yang menempati peringkat ke-3 dan ke-5 sebagai Kota dengan cost living termahal di dunia memiliki “make up” kota yang indah dan megah, adalah pemandangan di sepanjang jalan raya yang membuat saya tercengang. Di kota yang menjadi bagian dari kota ter-mahal di dunia tersebut, saya justru hampir tidak bisa mendapati adanya mobil mahal dengan brand terkenal di lengkapi desain mutakhir dan teknologi terdepan seperti yang biasa saya lihat sehari-hari di Jakarta, ibukota tercinta. Serius, ga habis pikir koq bisa yah Jakarta yang dikenal dunia sebagai bagian dari negara dengan predikat miskin di dunia justru padat penuh jalan raya nya dengan barisan mobil yang kebanyakan mencapai harga miliaran rupiah.

Di Melbourne dan Sydney, lebih dari 85% mobil yang di miliki warga nya hanya lah mobil sangat sederhana dengan budget rendah. Satu keluarga di sana rata-rata hanya memiliki satu mobil, meski saya yakin mereka mampu untuk membeli mobil mahal dengan teknologi ter-mutakhirkan seperti kebanyakan orang kaya di Jakarta. Tapi tidak bagi mereka di sana. Karena setelah berbincang-bincang dengan beberapa orang sana, mereka menganggap untuk apa menghabiskan uang ratusan juta hingga miliaran hanya untuk sebuah mobil yang hanya akan menambah macet jalanan dan pada akhirnya justru gak bisa maksimal kegunaannya di jalan.

Pemerintah Kota sana justru menerapkan kebijakan pajak yang sangat teramat mahal untuk mobil mewah dengan kepemilikan lebih dari satu unit. Gunanya adalah semata-mata agar orang-orang kaya disana jera dan berfikir ulang sebelum membeli mobil mewah tersebut. Selain pajak mahal, pemerintah juga menerapkan kebijakan menaikkan harga bensin untuk kendaraan mewah dan benar-benar konsisten menjalankan serta memonitor nya. jadi prinsip “Mobil mewah, biaya Mahal” benar-benar berjalan efektif. Hal ini lah yang membuat tingkat perbedaan dan jurang pemisah antara orang kaya dan orang miskin disana tidaklah begitu tinggi.

Bandingkan dengan Jakarta, Kota dengan populasi terpadat ke-4 di dunia (9.373.900 jiwa), perbedaan antara “si kaya” dan “si miskin” makin nyata setiap harinya. Yang kaya tambah mewah dan semakin sombong, yang miskin tambah sengsara dan semakin melarat.

Oh.., Jakarta..”Ibukota(orang kaya) Tercinta”.

Advertisements
Comments
  1. salam perdsahabatan dan semoga sokses selalu kang…..
    janganlupa ya kang kunjungan balik danjangan lupa kang kunjungi blog aku di http://handiljawa.blogspot.com dan jangan lupa komentarnya sebagai tanda menghargai artukel aku dan bila sahabat berkenan harap follow blogaku biarnambah akrab kita…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s